Tabel Distribusi Frekuensi
Pengantar Pengumpulan Data Statistik
Angka
60
|
47
|
35
|
52
|
74
|
45
|
55
|
40
|
56
|
53
|
45
|
79
|
58
|
45
|
38
|
50
|
64
|
59
|
58
|
40
|
50
|
45
|
65
|
55
|
48
|
63
|
80
|
49
|
39
|
58
|
30
|
55
|
51
|
45
|
41
|
30
|
53
|
40
|
49
|
43
|
34
|
54
|
68
|
51
|
57
|
56
|
44
|
52
|
37
|
77
|
50
|
57
|
36
|
66
|
71
|
46
|
50
|
31
|
59
|
56
|
70
|
45
|
32
|
61
|
55
|
45
|
42
|
30
|
59
|
35
|
55
|
35
|
75
|
50
|
57
|
30
|
67
|
54
|
80
|
40
|
Secara
cepat belum bisa menjawab
- Berapa mahasiswa yang memiliki nilai
tertinggi dalam data tersebut?
- Berapa banyak mahasiswa yang memiliki
nilai terendah?
- Berapa banyak mahasiswa yang memperoleh
nilai di atas 60?
- Berapa banyak mahasiswa yang nilainya
berkisar antara 70-79?
- Berapa banyak mahasiswa yang memperoleh
nilai yang sama?
Solusi!!!
Hitung
frekuensi yang dimiliki tiap-tiap nilai yang berada dalam deretan nilai-nilai
tersebut, dan dengan jalan menghitung frekuensi yang dimiliki oleh tiap-tiap
nilai itu maka lebih lanjut akan dapat kita ketahui frekuensi dari nilai-nilai
di atas
Nilai
yang berhasil dicapai oleh10 orang siswa SMA dalam test hasil belajar bidang
studi IPA adalah sbb:
60
|
50
|
75
|
60
|
80
|
40
|
60
|
70
|
100
|
75
|
Pengertian
Distribusi Frekuensi
Jika
data yang berupa nilai hasil THB dalam bidang studi IPA dari 10 orang siswa MI
kita sajikan dalam bentuk tabel, maka pembagian atau pancaran frekuensi dari
nilai hasil tes itu akan nampak dengan nyata
“suatu
keadaan yang menggambarkan bagaimana frekuensi dari gejala atau variabel yang
dilambangkan dengan angka itu telah tersalur , terbagi atau terpancar”
Nilai
|
Banyaknya (orang)
|
100
80
75
70
60
50
40
|
1
1
2
1
3
1
1
|
Total
|
10
|
Pengertian
Tabel
Distribusi Frekuensi
“Alat
penyajian data statistik yang berbentuk kolom dan lajur , yang didalamnya
dimuat angka yang dapat melukiskan atau menggambarkan pancaran atau pembagian
frekuensi dari variabe l yang sedang menjadi objek penelitian”
Variabel Frekuens
Nilai
|
Banyaknya
(orang)
|
100
80
75
70
60
50
40
|
1
1
2
1
3
1
1
|
Total
|
10
|
Macam-Macam Tabel Distribusi Frekuensi
- Tabel distribusi frekuensi data tunggal
- Tabel distribusi frekuensi data kelompokan
- Tabel distribusi frekuensi kumulatif
- Tabel distribusi frekuensi relatif (tabel
persentase)
Tabel distribusi frekuensi data
tunggal
Salah satu jenis tabel statistik
yang didalamnya disajikan frekuensi dari data angka; angka yang ada itu tidak
dikelompok-kelompokkan (ungrouped data)
Nilai
(X)
|
Frekuensi
(f)
|
8
7
6
5
|
6
9
19
6
|
Total
|
40=N
|
Tabel distribusi frekuensi data
kelompokan
Salah satu jenis tabel statistik
yang didalamnya disajikan frekuensi dari data angka; dimana angka-angka
tersebut dikelompok-kelompokkan (grouped data)
Usia
|
Frekuensi
(f)
|
50-54
45-49
40-44
35-39
30-34
25-29
|
6
7
10
12
8
7
|
Total
|
50=N
|
Tabel distribusi frekuensi data kumulatif
Salah satu jenis tabel statistik
yang didalamnya disajikan frekuensi yang dihitung terus meningkat atau selalu
ditambah-tambah, baik dari bawah ke atas maupun dari atas ke bawah
Nilai
(X)
|
Frekuensi
(f)
|
Fk(b)
|
Fk(a)
|
8
7
6
5
|
6
9
19
6
|
40=N
34
25
6
|
6
15
34
40=N
|
Total
|
40=N
|
-
|
-
|
Usia
|
Frekuensi
(f)
|
Fk(b)
|
Fk(a)
|
50-54
45-49
40-44
35-39
30-34
25-29
|
6
7
10
12
8
7
|
50=N
44
37
27
15
7
|
6
13
23
35
43
50=N
|
Total
|
50=N
|
Tabel
distribusi frekuensi data relative
Dikatakan
“frekuensi relatif”sebab frekuensi yang disajikan disini bukanlah frekuensi
yang sebenarnya melainkan frekuensi yang dituangkan dalam bentuk angka persenan
Nilai
(X)
|
Frekuensi
(f)
|
Persentase
(p)
|
8
7
6
5
|
6
9
19
6
|
15,0
22,5
47,5
15,0
|
Total
|
40=N
|
100,0=∑p
|
Usia
|
Frekuensi
(f)
|
Persentase
(p)
|
50-54
45-49
40-44
35-39
30-34
25-29
|
6
7
10
12
8
7
|
12,0
14,0
20,0
24,0
16,0
14,0
|
Total
|
50=N
|
100,0=∑p
|
Langkah-langkah pembuatan TDF
Data Tunggal
Data Tunggal
- Mencari nilai tertinggi (highest Score), dan nilai terendah (lowest score)
- Mengurutkan dari skor tertinggi ke terendah
- Menghitung frekuensi masing-masing nilai yang ada dengan bantuan jari-jari (tallies)
- Mengubah jari-jari menjadi angka biasa
Tabel distribusi frekuensi nilai hasil ulangan harian dalam
ata pelajaran IPA yang diikuti oleh 40 siswa MI Sumberadi
Nilai
(X)
|
Tanda/jari-jari/Tallies
|
f
|
10
9
8
7
6
5
4
3
|
II
III
III
|
2
3
5
5
10
7
5
3
|
Total
|
40=N
|
Langkah-langkah pembuatan TDF Data
Kelompokan
- Mencari nilai tertinggi (highest Score),
dan nilai terendah (lowest score)
- Menetapkan luas penyebaran nilai yang
ada(range) dengan rumus: R=H-L+1
- Menetapkan besar atau luasnya
pengelompokan data (interval = i), menggunakan patokan R/i sebaiknya
menghasilkan bilangan yang besarnya 10 s/d 20
- Menetapkan bilangan dasar masing-masing
interval akan dibuat dalam tabel. Dengan pedoman:
- Bilangan dasar interval itu sebaiknya
adalah bilangan yang merupakan kelipatan dari I, dengan kata lain
bilangan dasar interval itu sebaiknya dipilihkan bilangan yang dapat
habis jika dibagi dengan i
- Dalam menetapkan bilangan dasar
interval interval paling atas
(tertinggi) harus terkandung highest score dan interval paling bawah
terkandung lowest score
- Mempersiapkan TDF
- Menghitung frekuensi dari tiap-tiap nillai
yang ada
Para
ahli statistik sangat menganjurkan agar dalam menetapkan besarnya interval
kelas (i) sebaiknya dipilih bilangan gasal: 3,5,7,9,11,13,25,37 dst. Karena proses perhitungannya akan berajalan
lebih cepat dan mudah
Misalkan dari sejumlah 80 orang
siswa kelas III SMA Jurusan Fisika diperoleh nilai Ujian Sekolah dalam bidang
studi biologi sebagai berikut:
65
|
54
|
68
|
70
|
57
|
61
|
58
|
62
|
58
|
60
|
65
|
60
|
50
|
60
|
53
|
74
|
59
|
67
|
47
|
63
|
57
|
60
|
77
|
55
|
71
|
55
|
65
|
53
|
49
|
65
|
56
|
70
|
57
|
60
|
73
|
58
|
65
|
57
|
52
|
66
|
57
|
66
|
59
|
69
|
56
|
64
|
52
|
58
|
78
|
55
|
60
|
54
|
62
|
75
|
51
|
60
|
64
|
62
|
61
|
61
|
55
|
48
|
72
|
56
|
54
|
61
|
51
|
59
|
61
|
60
|
63
|
59
|
50
|
60
|
65
|
59
|
62
|
67
|
45
|
80
|
Sajikan data di atas dalam bentuk tabel
distribusi yang baik !
Langkah-langkah
1.
Menentukan
skor tertinggi = 80 dan skor terendah = 45
2.
Mencari
R=(80-45)+ 1 = 36
3.
Menentukan
interval, (36/i)=10 -20 maka didapat 3,sebab bilangan 36 apabila dibagi
bilangan 3 hasilnya 12 dan bilangan 12 ini terletak antara 10 -20
4.
Menetapkan
bilangan dasar, 78, 75, 72, 69,66,63,60,57,54,51,48,dan 45
5.
Mempersiapkan
tabel distribusi frekuensinya
Tabel distribusi frekuensi nilai
hasil EBTA dalam bidang Biologi dari sejumlah 80 orang siswa kelas III SMA
Jurusan Fisika
Interval
|
Tanda/jari-jari/Tallies
|
f
|
78-80
75-77
72-74
69-71
66-68
63-65
60-62
57-59
54-56
51-53
48-50
45-47
|
II
II
III
IIII
IIII
II
|
2
2
3
4
5
10
17
14
11
6
4
2
|
Total
|
80=N
|
Latihan A
7
|
5
|
8
|
3
|
6
|
4
|
6
|
7
|
5
|
9
|
4
|
6
|
8
|
6
|
8
|
5
|
7
|
5
|
9
|
7
|
3
|
4
|
6
|
5
|
5
|
4
|
8
|
6
|
5
|
6
|
9
|
7
|
5
|
8
|
6
|
4
|
6
|
7
|
8
|
10
|
7
|
6
|
3
|
9
|
5
|
7
|
6
|
3
|
8
|
7
|
10
|
8
|
7
|
6
|
6
|
5
|
7
|
7
|
6
|
6
|
Soal: susun dan sajikan data tersebut dalam bentuk:
- Tabel distribusi frekuensi
- Tabel frekuensi komulatif (fka dan fkb)
- Tabel persentase
Latihan B
Nilai hasil ulangan harian dari
sejumlah 60 orang siswa MTs dalam bidang studi Bahasa Indonesia sbb:
7
|
5
|
8
|
3
|
7
|
4
|
6
|
7
|
5
|
9
|
4
|
6
|
8
|
6
|
8
|
5
|
7
|
5
|
9
|
7
|
3
|
5
|
6
|
5
|
5
|
4
|
8
|
6
|
5
|
6
|
9
|
7
|
5
|
8
|
6
|
4
|
6
|
7
|
3
|
10
|
7
|
6
|
3
|
9
|
6
|
7
|
6
|
3
|
8
|
7
|
10
|
8
|
7
|
6
|
6
|
5
|
7
|
7
|
6
|
6
|
Soal: susun dan sajikan data tersebut dalam bentuk:
1.
Tabel
distribusi frekuensi
2.
Tabel
frekuensi komulatif (fka dan fkb)
3.
Tabel
persentase
Latihan
C
Nilai hasil ulangan harian dari
sejumlah 60 orang siswa MTs dalam bidang studi Bahasa Indonesia sbb:
8
|
5
|
8
|
3
|
6
|
4
|
6
|
7
|
5
|
9
|
4
|
6
|
8
|
6
|
8
|
5
|
7
|
5
|
9
|
7
|
3
|
4
|
6
|
5
|
5
|
4
|
8
|
6
|
5
|
6
|
9
|
7
|
5
|
8
|
6
|
4
|
6
|
7
|
7
|
10
|
7
|
7
|
3
|
8
|
5
|
7
|
6
|
3
|
8
|
7
|
10
|
8
|
7
|
6
|
6
|
5
|
7
|
7
|
7
|
6
|
Soal: susun dan sajikan data tersebut dalam bentuk:
1.
Tabel
distribusi frekuensi
2.
Tabel
frekuensi komulatif (fka dan fkb)
3.
Tabel
persentase
Latihan D
Nilai hasil ulangan harian dari
sejumlah 60 orang siswa MTs dalam bidang studi Bahasa Indonesia sbb:
7
|
5
|
8
|
3
|
6
|
4
|
6
|
7
|
5
|
9
|
4
|
6
|
8
|
6
|
8
|
5
|
7
|
5
|
9
|
7
|
3
|
4
|
6
|
5
|
5
|
4
|
8
|
6
|
5
|
6
|
9
|
7
|
5
|
8
|
6
|
4
|
6
|
7
|
8
|
10
|
7
|
6
|
3
|
9
|
5
|
7
|
6
|
3
|
8
|
7
|
10
|
8
|
7
|
6
|
6
|
5
|
7
|
7
|
6
|
6
|
Soal: susun dan sajikan data tersebut dalam bentuk:
- Tabel distribusi frekuensi
- Tabel frekuensi komulatif (fka dan fkb)
- Tabel persentase
Latihan A
Nilai hasil ulangan harian dari
sejumlah 65 orang siswa MTs dalam bidang studi Bahasa Indonesia sbb:
59
|
48
|
53
|
47
|
57
|
64
|
62
|
62
|
65
|
57
|
57
|
81
|
83
|
65
|
76
|
53
|
61
|
62
|
37
|
52
|
51
|
63
|
84
|
60
|
77
|
48
|
71
|
57
|
82
|
66
|
54
|
47
|
61
|
76
|
50
|
57
|
58
|
52
|
57
|
40
|
53
|
66
|
71
|
61
|
61
|
55
|
73
|
50
|
70
|
59
|
50
|
59
|
69
|
67
|
66
|
47
|
56
|
60
|
43
|
54
|
47
|
81
|
76
|
69
|
50
|
Soal: Sajikan data di atas dalam bentuk
- Tabel Distribusi frekuensi dengan interval
5
- Tabel frekuensi komulatif (fka dan fkb)
- Tabel persentase
Latihan B
Nilai hasil ulangan harian dari
sejumlah 65 orang siswa MTs dalam bidang studi Bahasa Indonesia sbb:
58
|
48
|
53
|
47
|
57
|
64
|
62
|
62
|
65
|
57
|
57
|
81
|
83
|
64
|
76
|
53
|
61
|
60
|
37
|
51
|
51
|
63
|
81
|
60
|
77
|
48
|
71
|
57
|
82
|
66
|
54
|
47
|
61
|
76
|
50
|
57
|
58
|
52
|
57
|
40
|
53
|
66
|
71
|
61
|
61
|
55
|
73
|
50
|
70
|
59
|
50
|
59
|
69
|
67
|
66
|
47
|
56
|
60
|
43
|
54
|
47
|
81
|
76
|
69
|
52
|
Soal: Sajikan data di atas dalam bentuk
- Tabel Distribusi frekuensi dengan interval
5
- Tabel frekuensi komulatif (fka dan fkb)
- Tabel persentase
Latihan C
Nilai hasil ulangan harian dari
sejumlah 65 orang siswa MTs dalam bidang studi Bahasa Indonesia sbb:
59
|
48
|
53
|
47
|
57
|
64
|
62
|
62
|
65
|
57
|
57
|
82
|
83
|
65
|
76
|
53
|
61
|
60
|
37
|
51
|
51
|
63
|
81
|
60
|
77
|
48
|
75
|
57
|
82
|
66
|
54
|
47
|
61
|
76
|
50
|
57
|
58
|
52
|
57
|
41
|
54
|
66
|
71
|
61
|
61
|
55
|
73
|
50
|
70
|
59
|
50
|
59
|
69
|
67
|
66
|
47
|
56
|
60
|
43
|
54
|
47
|
81
|
76
|
69
|
50
|
Soal: Sajikan data di atas dalam bentuk
- Tabel Distribusi frekuensi dengan interval
5
- Tabel frekuensi komulatif (fka dan fkb)
- Tabel persentase
Latihan D
Nilai hasil ulangan harian dari
sejumlah 65 orang siswa MTs dalam bidang studi Bahasa Indonesia sbb:
59
|
48
|
53
|
47
|
57
|
64
|
62
|
62
|
65
|
57
|
57
|
81
|
83
|
66
|
76
|
51
|
61
|
60
|
37
|
53
|
51
|
63
|
81
|
60
|
77
|
48
|
71
|
57
|
82
|
66
|
54
|
47
|
61
|
76
|
50
|
57
|
58
|
52
|
57
|
40
|
53
|
66
|
71
|
61
|
61
|
55
|
74
|
50
|
70
|
59
|
50
|
59
|
69
|
67
|
66
|
47
|
56
|
60
|
43
|
54
|
47
|
81
|
76
|
69
|
50
|
Soal: Sajikan data di atas dalam bentuk
- Tabel Distribusi frekuensi dengan interval
5
- Tabel frekuensi komulatif (fka dan fkb)
Tabel persentase
Latihan E
Nilai hasil ulangan harian dari
sejumlah 65 orang siswa MTs dalam bidang studi Bahasa Indonesia sbb:
59
|
48
|
53
|
47
|
57
|
64
|
62
|
62
|
65
|
57
|
57
|
81
|
83
|
65
|
76
|
52
|
61
|
60
|
37
|
51
|
51
|
63
|
81
|
60
|
77
|
48
|
75
|
57
|
82
|
66
|
54
|
47
|
61
|
76
|
50
|
57
|
58
|
52
|
57
|
40
|
53
|
66
|
71
|
61
|
61
|
55
|
73
|
50
|
70
|
59
|
50
|
59
|
70
|
67
|
66
|
47
|
56
|
60
|
43
|
54
|
47
|
82
|
76
|
69
|
50
|
Soal: Sajikan data di atas dalam bentuk
1.
Tabel
Distribusi frekuensi dengan interval 5
2.
Tabel
frekuensi komulatif (fka dan fkb)
3.
Tabel
persentase
Tidak ada komentar:
Posting Komentar