Kamis, 06 April 2017

Ciri dan Jenis Media

Ciri dan Jenis Media


Ciri-ciri Media dalam Kepentingan Pembelajaran:
      a.)     Ketepatannya
      b.)     Dukungan
      c.)    Kemudahan
      d.)   Keterampilan
      e.)    Tersedia waktu
      f.)     Sesuai dengan taraf


   1.       Media Visual
Media visual adalah media yang digunakan dengan cara menggunakan indera penglihatan. Media visual ini dapat digolongkan menjadi media yang tidak dapat di proyeksikan dan juga media yang dapat diproyeksikan.

    2.      Media Audio

Meda audio berfungsi menyalurkan pesan audio dari sumber ke penerima pesan. Pesan yang disampaikan dituangkan dalam lambang – lambang auditif verbal, nonverbal maupun kombinasinya. Media audio berkaitan erat dengan indera pendengaran. Beberapa contoh media audio adalah Radio, Tape recorder, telepone, kaset audio.
Jenis media pembelajaran terdiri dari:
1.)  Bagan
Istilah bagan meliputi beberapa jenis presentasi grafis seperti peta, grafik lukisan, diagram poster dan bahkan kartun. Dalam hubungan ini, bagan didefinisikan sebagai kombinasi antara media grafis dan gambar foto yang dirancang untuk memvisualkan sacara logis dan teratur mengenai fakta pokok atau gagasan. Fungsi utama dari bagan adalah menunjukan hubungan, berbandingan, jumlah, relatif, perkembangan, proses, klasifikasi dan organisasi.
Ada beberapa macam jenis bagan, di antaranya adalah bagan pohon, bagan alir, bagan arus dan bagan tabel. Jenis bagan pada umumnya sering dipergunakan dalam pengajaran adalah bagan silsilah atau bagan pohon, bagan arus, dan bagan waktu atau bagan tabel.
a.     Bagan pohon
Sesuai dengan namanya, bagan pohon dikembangkan dari dasar yang terdiri atas beberapa akar menuju batang tunggal. Kemudian cabang-cabang pohon tersebut menggambarkan perkembangan serta hubungan. Contohnya adalah bagan silsilah.
b.     Bagan Alir
Merupkan kebalikan bagan pohon sebagai contoh bagaiman industry mobil di Amerika bergantung dari pemasaran luar negerinya, baik untuk kebutuhan akan bahan baku maupun guna pemasaran hasil industrinya. Pada Bagan Alir berikut tampak jelas vanadium dan kulit diperoleh dari Amerika Latin, nikel dari kanada, karet dan timah dari Malaysia, tungsten dan antimonidari Vietnam, mangan dari RRT. Sedangkan pemasaran hasil industry mobil Amerika Serikat di luar negeri adalah Argentina, Australia, Belgia, Brasil, Canada, Columbia, Cuba, Denmark, Mesir Perancis, India, Meksiko, Belanda, Norwegia, Peru, Filipina, Swdedia,Inggris dan Venezuela.
c.      Bagan Arus
Sebuah organisasi yang beranggotakan pelajat atau sebuah kesatuaan pemererntahan, proses pengmebangan kepemimpinan industry atau langkah-langkah dari mana sebuah rencana udang-undang menjadi undang-undang dapat divisualisasikan dengan bagan arus atau bagan organisasi yang cocok untuk mempetunjukkan fungsi, hubungan, dan proses.
d.     Bagan Tabel
Urutan hubungan seperti yang terdapat pada garis waktu atau tabel-tabel waktu dapat dipertunjukkan pada bagan tabel. Satu nilai yang unik dari bagan tabel, adalah kemampuannya dalam mempertunjukan hubungan. Variasi bentik dari bagan ini termasuk tabel informasi, semacam argumentasi dan sanggahan atas perjanjian yang berlaku; bangsa-bangsa yang berpartisipasi pada perserikatan Bangsa-Bangsa dan lain-lain. 
2.)  Diagram
Diagram adalah seatu gambaran sederhana yang dirancang untuk memperlihatkan hubungan timbale balik terutama dengan garis-garis. Bahkan diagram lebih unggul daripada bagan. Sebuah diagram yang baik adalah sangat sederhana yakni hanya bagian-bagian terpenting saja yang diperhatikn. Digram lebih sulit dibaca daripada bagan, karena terdiri atas sebuah garis; sebuah garis besar dari sebuah objek nyata, atau sebuah sketsa penampang memotong dari sesuatu objek misalnya silinder dari sebuah kendaraan bermontor, organ tubuh yang vital, pegunungan, bumi, dan lain sebagainya.
3.)  Grafik
Grafik dapat didefinisikan sebagai penyajian data berangka. Suatu tabel gambar dapat mempunyai nilai informasi sangat berfaedah, namun grafik dari data yang sama menggambarkan intisariinformasi sekilas akan lebih efektif. Lebih jauh, grafik menggambarkan hubungan penting dari suatu data. Grafik merupakan keterpaduan yang lebih menarik dari sejumlah tabulasi data yang tersusun baik.
Ada beberapa macam grafik, dan paling umu digunakan adalah grafik-grafik garis, batang, lingkaran atau piring dan grafik bergambar. Masing-masing jenis mempunyai cara penyusuanan dan manfaat tertentu.
a.     Grafik Garis
Grafik garis adalah yang paling tepat daris semua jenis grafik, terutama dalam melukiskan kecenderungan-kecenderungan atau menghubungkan dua rangkaian data. Seuatu grafik garis hendaknya digunakan bila data itu berkelanjutan.
b.     Grafik Batang
Grafik batang mungkin paling sederhana daripada semua jenis grafik. Grafik batang sangat mudah dibuat. Tiap kelompok data yang di bagan, digambarkan oleh sejumlah batang, baik secara vertical maupun secara horizontal. Panjangnya batang melukiskan besarnya persentasi data; semua batang dengan ukuran sama lebarnya. Grafik batang paling bermanfaat bilamana sejumlah nilai yang akan dipertandingkan relative sedikit, umumnya tidak lebih dari delapan atau enam jalur. Kadang sejumlah besar batang digunakan, namun dibutuhkan bagian-bagian seprti warna, atau penyajan gambar-gambar supaya grafik lebih mudah dibaca serta menarik.
c.      Grafik Lingkaran atau Piring
Bilamana guru akan memperkenalkan tentang pecahan, maka grafik lingkaran lebih tepat digunakan.
Grafik lingkaran atau grafik piring adalah lingkaran sektor-sektor yang digunakan untuk menggambarkan bgian-bagian dari suatu keseluruhan. Informasi seperti sumber biaya sekolah, distribusi biaya atau penyalur sumber-sumber minyak bumi secara proposional dapat digambarkan melalui grafik piring dengan baik sekali.
d.     Grafik Wilayah dan Grafik Gambar
Grafik wilayah dalam bentuk persegi, lingkaran dan bentuk tidak teratur, kadang-kadang dipergunakan untuk memperbandingkan dua atau tiga hubungan keseluruhan. Sedangkan bentuk-bentuk bergambar seperti orang ternak, kapal atau mobil dipakai kepada grafik gambar.
4.)  Poster
Pada perang dunia kesatuan pemerintah Amerika telah mempergunakan poster secra luas dalam mengarahkan wajib militer. Menurut catatan, berjuta-juta poster telah disebarluaskan. Poster-poster dipajang secara menarik di sudut-sudut jalan di seluruh Amerika Serikat. Dampak poster kepada masyarakat, dilihat oleh kementerian Keuangan sebagai unsrur sangat berarti, sebagai alat pendorong yang sukses.
Jadi poster telah muncul mengisi fungsi yang unik di tengah-tengah media komunikasi visual. Peranannya sangat cepat dalam mesatukan gagasan penting, misalnya “Belilah Produksi Dalam Negeri”,Bergabunglah bersama Armada”, Dukunglah Tim Anda”, Hati-hatilah Mengemudi”, “Jagalah Kebersihan sekolah Anda, dan lain-lain. Oleh kaena itu poster harus memiliki daya tarik pandang  yang kauat, dengan warna, dan dengan pesan maksud untuk menangkap perhatian orang yang lewat tetapi cukup lama menanamkan gagasan yang berarti di dalam ingatannya.
5.)  Kartun
Memilih dan Menilai Kartun
Pertanyaan tentang bagaimana kartun yang baik, merupakan pertanyaan yang sukar dijawab, sebab kartun merupakan hasil kreaktif secara pribadi dari kartunis itu sendiri. Akan tetapi ada beberapa kualitas tertentu dari kartun-kartun yang efektif. Pengetahuan mengenai kualitas ini sangat membantu memilih kartun-kartun untuk tujuan pengajaran.
a.     Pemakainnya sesuai dengan tingkat pengalaman
Pertimbanagn pertama adalah, arti kartun hendaknya dapat dimengerti oleh para ssiwa pada saat kartun tersebut digunakan. Misalnya kartun mengenai bantuan luar negeri atau perang dingin, akan kecil artinya bagi murid kelas enam yang belum mempelajari judul-judul tersebut. Demikian juga banyak guru yang terentuh melihat kartun berikut, sabaliknya para siswa lain mungkin sudah mampum menafsirkan kartun yang agak mendalam mengenai pengamatan lalu lintas atau ketangkasan dalam olahraga misalnya.
b.     Kesederhanaan
Memperkirakan arti kartun dapat dimengerti, berarti ada beberapa perwatakan fisik yang diinginkan dari kartun-kartun yang baik. Satu diantaranya adalah kesederhanaan. Secara umum dapat dikatakan bahwa kartun-kartun yang baik hanya berisi hal yang penting-penting saja. Kartun banyak bergantung pada kunci perwatakan untuk pekenalan terhadap rincian fotografi secara luas.
c.      Lambang yang jelas
Ciri ketiga dari kartun yang efektif adalah kejelasan dari pengertian-pengertian simbolis. John Bull, Paman Sam, merupakan lambang-lambang kartun standar yang dimerti dengan baik oleh masyarakat pembaca surat kabar umumnya. Perwatakan semacam itu seprti pembayaran pajak, perusahaan besar yang sanagt menguntungkan , pengangguran, buruh dan politisi juga dapat dimengerti tanpa kesulitan dalam penafsirannya. Gambar-gamabar yang menggambarkan konsep-konsep yang lebih abstrak, seperti hak-hak Negara, Kemanusiaan, dan Kemerdekaan sulit disampaikan. Dalam hal ini maka kemampuan si pencipta kartun diharapkan kepada tantang berat. Sehubungan dengan itu para guru haruslah berhati-hati dalam memilih kartun-kartun dengan lambang-lambangnya dan tidak terlalu sukar dipahami oleh para siswa.    
6.)  Komik

Yang sangat erat hubungannya dengan kartun adalah serial komik. Komik banyak ditemukan di negera kita. Diperkirakan banyaknya pembaca komik di Amerika Serikat lebih dari seratus juta orang. Antara 400 sampai 500 judul buku komik terjual dan kurang lebih 95 juta kopi dijual pula setiap bulannya. Diterjemahkan ke dalam lebih dari 30 bahasa, dan dibaca secara luas oleh lebih dari 100 negara. Suatu popularitas yang luar biasa dari komik-komik tersebut barangkali bisa dilihat dari besarnya jumlah orang-orang yang merasa membutuhkannya meliputi berjuta-juta orang dari semua umur, untuk lulucon, kegembiraan serta hiburan. Baik pindidik atau bukan pendidikan serta orang tua cenderung setuju dengan adanya komik sebagai media komunikasi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar